Minggu, 30 November 2014

Pecha Kucha Cipta Karya vs Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA (2/2)

Jika di DJCK Kementerian Pekerjaan Umum rutin melaksanakan PKCK, maka Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (DJA) rutin menghelat Sharing Session & Coffee Morning Talk. Acara yang mulai dilaksanakan pada 2013 ini dimotori oleh Bagian Kepegawaian Setditjen Anggaran dan Perpustakaan DJA

Sesuai dengan judulnya, Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA merupakan ajang berbagi di antara pegawai maupun pejabat di DJA. Yang dishare pun berbagai hal, mulai dari masalah kepegawaian, perencanaan keuangan keluarga, sistem penganggaran, apbn, hingga pnbp. Tema yang akan diangkat ditentukan oleh Bagian Kepegawaian Setditjen Anggaran dan Perpustakaan DJA dengan memperhatikan aspirasi dari para pegawai.
Poster Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA

Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA biasanya dijadwalkan mulai pukul 07.30 s.d. 09.30 di tiap pelaksanaannya. Jalannya sharing session diawali dengan sarapan bersama. Kesan santai memang disengaja untuk acara ini. Peserta dapat mengikuti pemaparan penyaji sambil tetap melanjutkan sarapannya. Mata acara juga sederhana: sarapan, pembukaan, pemaparan, tanya jawab, penutupan. Bentuk pemaparan yang diadopsi ialah pemaraparan yang konvensional. Meskipun sederhana dan mainstream, acara ini tidak pernah sepi peminat. Tambahan dua (2) jam latihan (salah satu IKU pegawai) menjadi bonus jika hadir di acara ini.

Tema Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA yang beragam menyebabkan peyaji tidak melulu berasal dari internal DJA. Untuk materi perencanaan keuangan keluarga misalnya, Bagian Kepegawaian Setditjen Anggaran mengundang Ahmad Gozali sebagai narasumber. Tema sharing session juga belum menggali inovasi di bidang penganggaran. Dalam hal ini, PCKC unggul dibandingkan Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA.

Pentingnya materi sharing session tidak diikuti dengan dokumentasi yang baik. Jika ada pegawai yang berhalangan hadir, relatif sulit untuk mendapatkan materi paparan yang disajikan pada acara sharing session tersebut. Dokumentasi kegiatan pun minim. Foto jalannya kegiatan biasanya bisa diperoleh dari pribadi-pribadi yang mengunggahnya ke media sosial. Ke depannya, pihak penyelenggara dapat memikirkan untuk membuat akun slideshare dan flickr, (youtube bisa juga) untuk keperluan dokumentasi kegiatan. Tentunya, jika membuat satu website untuk keperluan dokumentasi dirasa sulit.

Penggunaan akun media sosial seperti slideshare, flickr, ataupun youtube mempunyai banyak keunggulan, selain tentunya tidak perlu biaya tambahan. Daftar, akun jadi, upload. Sederhana. Penyelenggara cuma perlu meluangkan waktu mengupload materi paparan, foto kegiatan, ataupun video kegiatan. Jika ada pihak yang memerlukan dokumentasi kegiatan sharing session, tinggal membuka akun media sosial yang sudah dibuat tadi. 


Suasana
Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA





sumber foto suasana Sharing Session & Coffee Morning Talk DJA
- twitter @AhmadGozali
- www.fiscuswannabe.web.id


Tidak ada komentar: