Rabu, 16 Desember 2015

Tentang Infografis VII: Siklus APBN



Pada post Tentang Infografis VI: Siklus Penyusunan APBN, saya sempat membahas mengenai Siklus APBN. Pada buku Pokok-Pokok Siklus APBN di Indonesia: Penyusunan Konsep Kebijakan dan Kapasitas Fiskal Sebagai Langkah Awal, Siklus APBN digambarkan seperti gambar berikut.



Dalam visualisasi tersebut, setiap tahapan ditempatkan dalam bulatan yang berbeda (dengan warna yang berbeda pula), disertai dengan keterangan waktu (bulan atau periode bulan). Tiap bulatan tersebut berada pada lintasan yang melingkar, untuk menunjukkan proses yang berkesinambungan dan berulang terus menerus. Visualisasi seperti itu menurut saya menjadi kurang praktis karena pada tiap tahapan, terdapat tambahan keterangan waktu (bulan atau periode bulan), yang pada beberapa tahap memiliki keterangan waktu yang sama ataupun beririsan. Terdapat pula tambahan garis putus-putus bermata panah pada dua sisinya yang menghubungkan dua tahapan (tahapan nomor (1) dan tahapan nomor (5)). Tampaknya, hal itu bermaksud menunjukkan bahwa tahapan nomor (1) dan tahapan nomor (5) berada pada periode waktu yang sama.



Tentunya, terdapat alternatif lain dalam menyajikan siklus APBN kita. Sebagai referensi, kita dapat menggunakan visualisasi yang dirilis oleh IBP Kenya yang berjudul Kenya’s Budget Calendar: National and County. Pada visualisasi tersebut, siklus dibagi ke dalam empat tahapan utama, yakni Formulation, Approval, Implementation, dan Oversight. Masing-masing tahapan diberi warna yang berbeda. Tiap tahapan mengikuti penanggalan yang dibuat standard dan tunggal. Terdapat pula tambahan keterangan untuk setiap tanggal penting pada tiap tahapan.

Lebih ringkas dan informatif, bukan?

Tidak ada komentar: